Ikuti kami di

PKB Bakal Teruskan Ide Perubahan di Pilkada 2024, Tapi Belum Tentu Berkoalisi dengan NasDem-PKS


Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid, mengatakan partai yang diketuai Muhaimin Iskandar akan terus membawa gagasan perubahan dalam ajang pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2024.

"PKB akan tetep mengawal ide perubahan," ujar Jazilul kepada wartawan di kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Sabtu (6/3/2024).

Meski begitu, Jazilul menyebut PKB tidak mesti berada dalam satu koalisi bersama Partai NasDem dan PKS saat masa Pilkada 2024.

Menurutnya, ide perubahan dan Koalisi Perubahan adalah dua hal yang berbeda.

"Bukan koalisi perubahan ya. Tapi kalau koalisi perubahan itu berbeda dengan ide perubahan. Semua daerah juga ingin berubah lebih baik," jelas dia.

Lebih lanjut, Jazilul menerangkan bahwa urusan koalisi pada tingkat Pilkada lebih rumit dibandingkan urusan koalisi pada pemilihan umum nasional.

"Biasanya kalau koalisi di tingkat Pilkada itu lebih rumit dibanding koalisi di tingkat pusat. Jadi, karema apa? Kadang satu kursi menentukan komposisi kelengkapan seseorang itu maju atau tidak," ungkap dia.

Kesepakatan Koalisi Perubahan

Sebelumnya diberitakan, Koalisi Perubahan yang terdiri dari Partai NasDem, PKB, dan PKS sepakat untuk melanjutkan poros dukungan di Pilkada DKI Jakarta.

Kesepakatan itu muncul saat tiga sekjen partai Koalisi Perubahan berkumpul di NasDem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (15/3/2024).

"Pertemuan malam ini sebenarnya ingin menunjukkan kepada publik kami sungguh-sungguh berusaha untuk terus mempertahankan koalisi ini sampai pilkada. Kami akan mulai dari DKI," ujar Sekjen NasDem, Hermawi Taslim dalam jumpa pers di NasDem Tower.

Dalam kesempatan Ketua DPW PKS DKI Jakarta, Khoirudin menyebut partai-partai di Koalisi Perunahan sudah sama-sama bersepakat untuk melanjutkan poros dukungan dari Pilpres 2024 ke Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Saya Ketua PKS DKI Jakarta ingin Menguatkan kembali Ingin mengokohkan kembali Untuk merebut Jakarta dari koalisi nasional Ke koalisi Gubernur Jakarta Insyaallah," ucap Khoirudin.

Sumber: suara
Foto: Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid. [Suara.com/Dea]

Post a Comment for "PKB Bakal Teruskan Ide Perubahan di Pilkada 2024, Tapi Belum Tentu Berkoalisi dengan NasDem-PKS"