Ikuti kami di

Belgia Tangkap Anggota Al Qaeda Pelaku Serangan di Irak

Belgia Tangkap Anggota Al Qaeda Pelaku Serangan di Irak

BelumAdaJudul.com - Polisi Belgia menangkap seorang imigran Irak yang diduga menjadi anggota sel Al-Qaeda yang melakukan serangan bom mobil mematikan di Bagdad antara 2009-2010, kata jaksa pada Jumat.

Pria tersebut, yang diidentifikasi dengan inisial O.Y.T., kelahiran 1979, ditangkap pada Rabu ketika polisi menggerebek sebuah alamat di Kota Hasselt, Belgia Timur, atas perintah seorang hakim antiteror, kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Pria itu dihadirkan di pengadilan pada Jumat atas tuduhan “sejumlah pembunuhan dengan niat teroris, partisipasi dalam kegiatan kelompok teroris, kejahatan perang dan kejahatan terhadap kemanusiaan” untuk menentukan apakah dia akan tetap ditahan.

Dia diyakini telah menjadi bagian dari sel Al-Qaeda “yang sebagian bertanggung jawab atas beberapa pengeboman di Zona Hijau Bagdad pada 2009 dan 2010. Serangan ini menewaskan sedikitnya 376 orang dan melukai lebih dari 2.300 lainnya,” kata pernyataan itu.

Di antara sasaran bom mobil itu adalah gedung-gedung pemerintah Irak, kata pernyataan tersebut.

Jaksa mengatakan warga Irak itu telah tinggal di Belgia sejak 2015 dengan status pengungsi, dan penyelidikan terhadapnya mulai dilakukan pada 2020. Penangkapan pria Irak itu menyusul penangkapan seorang pria Suriah berusia 38 tahun pada 28 Maret. Ia diduga melakukan “kejahatan perang” di Suriah untuk kelompok Negara Islam (ISIS). Warga Suriah itu juga telah diberi status sebagai pengungsi di Belgia.


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Belgia Tangkap Anggota Al Qaeda Pelaku Serangan di Irak"

𝐒𝐔𝐏𝐏𝐎𝐑𝐓 & 𝗜𝗞𝗨𝗧𝗜 𝗖𝗛𝗔𝗡𝗘𝗟 𝗞𝗔𝗠𝗜 :

Ikuti Telegram belumadajudul.com   Ikuti Whatsapp belumadajudul.com  

𝐒𝐔𝐏𝐏𝐎𝐑𝐓 & 𝗜𝗞𝗨𝗧𝗜 𝗖𝗛𝗔𝗡𝗘𝗟 𝗞𝗔𝗠𝗜 :

Ikuti Telegram belumadajudul.com   Ikuti Whatsapp belumadajudul.com