Ikuti kami di

Jejak Bisnis Dito Ariotedjo, Menteri Termuda yang Baru Dilantik Jokowi

Jejak Bisnis Dito Ariotedjo, Menteri Termuda yang Baru Dilantik Jokowi

BelumAdaJudul.com - Nama Dito Ariotedjo tengah menjadi sorotan publik. Ia dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi Menteri Pemuda dan Olahraga Senin (3/4) sore ini.

Dito menggantikan Zainudin Amali, yang mundur dari kursi menpora pada 9 Maret 2023. Pelantikan ini menjadikan Dito sebagai menteri termuda di Kabinet Indonesia Maju.

Maklum, ia lahir 32 tahun lalu, yakni pada 25 September 1990 di Jakarta. Sosok Dito dikenal sebagai kader muda Partai Golkar. Namun, di luar karir politiknya, ia juga dikenal sebagai pengusaha.

Di bidang usaha, Dito bekerja sama dengan artis sekaligus pebisnis, Raffi Ahmad. Pada 2021, ia, Raffi Ahmad dan CEO Prestige Motor untuk membentuk RANS Sport. Sebuah perusahaan media yang membuat dan mendistribusikan konten olahraga dan hiburan bagi penontonnya.

Ia menjabat sebagai Chairman RANS Nusantara FC. Klub sepakbola yang berlaga di Liga 1 2022/2023. Selain itu, ia juga bagian dari RANS PIK Basketball, yang bertanding di Indonesia Basketball League (IBL).

Jauh, sebelum terjun ke bisnis olahraga, ia pernah menggeluti bidang energi. Dito pernah bekerja di Medco Power Indonesia milik Arifin Panigoro, sebagai business development. Bisnis pertambangan nampaknya tak asing bagi Dito. Pasalnya, ia merupakan putra bungsu mantan Dirut PT Antam Arie Prabowo Ariotedjo.

Lalu pada 2012, ia membangun bisnisnya sendiri dengan mendirikan Grupara Ventures. Aktivitas bisnis Grupara Ventures bergerak di bidang investasi, yakni mengelola modal investor untuk disalurkan ke perusahaan-perusahaan rintisan alias startup yang punya potensi maju.

Setahun berselang, ia mendirikan Freeware Spaces Group. Inti bisnisnya menyediakan coworking office di daerah Jakarta. Di kemudian hari, Freeware berganti nama menjadi Wellspaces.co.

Tak diketahui kini nasib Grupara dan Wellspaces. Beberapa sumber menyebut dua bisnis Dito tersebut sudah gulung tikar.

Sejak April 2022, Dito masuk ke dalam jajaran tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Ia bekerja untuk Menko Perekonomian Airlangga Hartarto,yang juga ketua umum Golkar. Saat ini, Dito menjabat staf khusus bidang hubungan antarlembaga di kementerian tersebut.


Sumber :

Tag :

Post a Comment for "Jejak Bisnis Dito Ariotedjo, Menteri Termuda yang Baru Dilantik Jokowi"