Ikuti kami di

Kebijakan Twitter yang Ancam Akun Menfess dan Fanbase Berlaku Senin

Kebijakan Twitter yang Ancam Akun Menfess dan Fanbase Berlaku Senin

BELUMADAJUDUL.COM - Twitter tidak lagi menyediakan akses gratis ke Twitter API per pekan depan (13/2). Kebijakan ini dinilai mengancam keberadaan akun menfess untuk kirim curhat atau akun penggemar alias fanbase penggemar.

Akun Twitter Dev mengatakan perusahaan akan mengakhiri dukungan untuk API Twitter lama v1.1 dan v2 baru. “Elon Musk menyarankan Twitter membebankan US$ 100 per bulan untuk akses Twitter API dengan verifikasi ID,” demikian dikutip dari Engadget, Kamis (9/2).

Namun biaya akses Twitter API itu belum diumumkan oleh perusahaan media sosial tersebut.

Twitter Dev hanya menjelaskan, penghentian akses ke Twitter API gratis dan peluncuran versi berbayar bertujuan menyediakan layanan yang lebih baik. “Data Twitter termasuk kumpulan data paling kuat di dunia,” kata akun Twitter Dev.

“Selama bertahun-tahun, ratusan juta orang mengirimkan lebih dari satu triliun Tweet, dengan miliaran lebih setiap minggu,” ujarnya. “Kami berkomitmen mengaktifkan akses yang cepat dan komprehensif, sehingga Anda dapat terus membangun bersama kami.”

Kebijakan baru itu rencananya diterapkan pada hari ini. Namun Twitter memperpanjang akses Twitter API hingga pekan depan (12/2).

Dengan begitu, Twitter API akan berbayar mulai Senin (13/2). Pengumumannya di bawah ini:
Apa Itu Twitter API?

API atau Application Programming Interface merupakan sistem yang menjembatani komunikasi antara suatu aplikasi dengan server. Melalui API, aplikasi dan server bisa saling meminta dan mengirim informasi.

Berdasarkan laman resmi Twitter, API memungkinkan orang-orang membangun perangkat lunak atau software yang terintegrasi dengan Twitter misalnya, aplikasi untuk mendapatkan umpan balik pelanggan mengenai produk.

Secara umum, aplikasi hanya dapat mengakses informasi publik di Twitter. Endpoint tertentu, seperti pesan di Direct Message (DM), memerlukan izin tambahan dari pengguna untuk dapat mengakses datanya.

Endpoint yang dapat diakses terbagi dalam lima kelompok utama, di antaranya:

Akun: Twitter mengizinkan pengembang mengelola secara programatis profil dan pengaturan suatu akun, membisukan atau memblokir pengguna, mengelola pengguna dan pengikut, meminta informasi tentang aktivitas akun yang diotorisasi, dan banyak lagi.

Cuitan dan balasan: Twitter mengizinkan pengembang mengunggah tweet melalui Twitter API. Pengembang dapat mengakses cuitan dengan mencari kata kunci tertentu, atau meminta contoh tweet dari akun tertentu.

DM: Twitter menegaskan bahwa perusahaan tidak menjual data di DM. Twitter API memberikan akses terbatas kepada developer untuk membuat pengalaman khusus di Twitter.

Iklan: membantu akun bisnis menciptakan dan mengelola kampanye iklan secara otomatis di Twitter. Developer dapat menggunakan tweet untuk mengidentifikasi topik dan minat.

Alat penerbit: Tools bagi developer untuk menyematkan timeline, tombol bagikan, dan konten Twitter lainnya di halaman web. Alat-alat ini memungkinkan merek menyajikan percakapan publik secara live dari Twitter ke pengalaman web mereka dan memudahkan pelanggan membagikan informasi dan artikel dari situs mereka.

Dampak Kebijakan Baru Twitter API

Akses Twitter API tak lagi gratis per hari ini (9/2). Sedangkan layanan ini biasanya digunakan oleh akun Menfess dan Fanbase.

Akun perusahaan juga berpotensi membebankan biaya Twitter API kepada pelanggan.

Kebijakan baru itu juga bisa memengaruhi penelitian di berbagai bidang, termasuk ujaran kebencian dan penyalahgunaan online. “Universitas sering menggunakan Twitter untuk mempelajari perilaku manusia di berbagai daerah,” demikian dikutip dari TechCrunch, pekan lalu (2/2).

Di bawah kepemimpinan Elon Musk, Twitter berjuang mengontrol bagaimana pengguna di seluruh dunia mengakses platform dan perusahaan berupaya memonetisasi layanan.

Elon Musk mengakuisisi Twitter US$ 44 miliar pada akhir Oktober 2022. Dia mengambil pinjaman sekitar US$ 12,5 miliar untuk membiayai kesepakatan ini.

CEO Tesla itu harus membayar tambahan US$ 1,5 miliar per tahun hanya untuk bunga.


Sumber :

Post a Comment for "Kebijakan Twitter yang Ancam Akun Menfess dan Fanbase Berlaku Senin"