Ikuti kami di

Pemerintah Diminta Alokasikan Dana Bagi Hasil untuk Daerah Konservasi

Pemerintah Diminta Alokasikan Dana Bagi Hasil untuk Daerah Konservasi

Wakil Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Dedi Mulyadi menyebutkan daerah hutan konservasi Gunung Leuser maupun lainnya perlu mendapatkan dana bagi hasil. Hal itu dilakukan demi kesejahteraan masyarakat setempat.

“Yang menjadi fokus kita daerah-daerah konservasi itu harus dapat dana dari pemerintah, ini penting,” kata Dedi Mulyadi saat kunjungan kerja Komisi IV ke Balai Besar Taman Gunung Leuser (BBTNGL) di Banda Aceh, Rabu (12/10).

Dedi menyampaikan, dengan demikian masyarakat disekitar kawasan konservasi akan menganggap hutan dan lingkungan sebagai kekuatan yang akan memberikan kesejahteraan bagi hidupnya.

“Dana bagi hasil itu jangan didasarkan aspek aspek exploitasi, tetapi konservasi,” jelas Dedi.

Menurut Dedi, masyarakat yang berada disekitar kawasan hutan konservasi tersebut tidak ramai, dengan begitu anggaran untuk dialokasikan juga tak banyak. Sehingga, tentunya berbanding terbalik dengan proyek besar yang dibangun untuk konservasi.

Dia menjelaskan, pihaknya akan fokus pada perubahan Undang-Undang (UU) konservasi, yakni bagaimana memberikan pengaturan fiskal antara kawasan penyangga konservasi dengan daerah yang menghasilkan keuangan bagi negara.

"Para pelaku kejahatan hutan dan lingkungan bukan orang yang ada disekitar. Akan tetapi, pihak luar serta banyak dari Jakarta. Sehingga, akan ditindak tegas ke depannya," imbuhnya.

Sementara itu, anggota Komisi IV DPR RI, T Khalid mengatakan, dalam pelaksanaan konservasi seumber daya alam di Gunung Leuser masih belum maksimal.

Dengan begitu, kata Khalid, meminta Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem (KSDAE) untuk melakukan pemetaan pada kawasan konservasi tersebut.

“Saya pikir ini perlu untuk memetakan dan bangun bersama-sama kita diskusikan sehingga petanya jelas,” kata T Khalid kepada wartawan. M

enurut dia, pemetaan tersebut guna memberikan arah terhadap NGO dikawasan tersebut bisa mengoptimalkan dalam penjagaan gunung Leuser.

Selain itu, Sambung T Khalid, perlu membuat Forum Grup Diskusi (FGD) dan pemetaan dari KSDAE. Dengan begitu, kejelasan NGO disekitar kawasan memberikan sesuatu yang optimal terhadap Leuser.

“Ini harus kita lakukan tahun depan, NGO ini apa dilaksanakan dan yang lain apa yang dikerjakan sehingga nanti akan sejalur,” tutup dia.


source: AJNN➚

Post a Comment for "Pemerintah Diminta Alokasikan Dana Bagi Hasil untuk Daerah Konservasi"

𝐒𝐔𝐏𝐏𝐎𝐑𝐓 & 𝗜𝗞𝗨𝗧𝗜 𝗖𝗛𝗔𝗡𝗘𝗟 𝗞𝗔𝗠𝗜 :

Ikuti Telegram belumadajudul.com   Ikuti Whatsapp belumadajudul.com  

𝐒𝐔𝐏𝐏𝐎𝐑𝐓 & 𝗜𝗞𝗨𝗧𝗜 𝗖𝗛𝗔𝗡𝗘𝗟 𝗞𝗔𝗠𝗜 :

Ikuti Telegram belumadajudul.com   Ikuti Whatsapp belumadajudul.com